Pentingnya Berfikir Positif

 

Dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang pentingnya hormon kebahagiaan yang berpengaruh penting dalam kualitas kesehatan seseorang. Di era modern saat ini berbagai macam penyakit timbul akibat adanya stress, pola hidup yang kurang sehat dan lingkungan. Melihat kondisi tersebut banyak masyarakat hanya meninjau kualitas kesehatan dari satu sisi. Salah satunya dengan mengonsumsi obat-obatan mengira penyakitnya akan lekas sembuh, akan tetapi penyakit tersebut sering kali muncul kembali. Mengapa kita perlu bahagia? Karena seseorang ketika bahagia secara tidak langsung ia akan mengaktifkan hormon endorfin.

Apa itu Endorfrin?

Hormon Endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh. Endorfin diproduksi oleh tubuh kita (kelenjar pituitary) yaitu pada saat kita merasa bahagia (tertawa) dan pada saat kita istirahat yang cukup. Hormon ini bertindak seperti morphine, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morphine. Endorfin atau Endorphine mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi.

Selama ini endorphin sudah dikenal sebagai zat yang banyak manfaatnya. Beberapa diantaranya adalah, mengatur produksi hormon pertumbuhan dan seks, mengendalikan rasa nyeri serta sakit yang menetap, mengendalikan perasaan stres, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Endhorpine sebenarnya merupakan gabungan dari endogenous dan morphine, zat yang merupakan unsur dari protein yang diproduksi oleh sel-sel tubuh serta sistem syaraf manusia. Endorphin dalam tubuh bisa dipicu munculnya melalui berbagai kegiatan,seperti pernapasan yang dalam,  relaksasi, serta meditasi. Karena endorphine diproduksi oleh tubuh manusia sendiri, maka endorphine dianggap sebagai zat penghilang rasa sakit yang terbaik.

Apabila dikaitkan pada kehidupan, bagaimana bisa hidup senang hidup saja tertekan?

Mudah saja kuncinya, dengan menanamkan berfikir positif  (kaitkan dengan teori bersyukur), dalam otak kita, ternyata secara tidak disadari kita sedang mengaktifkan hormon endorfrine. Cara lain yang sering digunakan adalah terapi tertawa, terapi ini sering kali dilakukan sebagai anti penuaan dan pengaktifan kembali hormon endorfrin agar tidak terlalu banyak hormon beta-endorfrin (hormon yang dihasilkan apabila dalam kondisi stress, depresi, atau kondisi tidak nyaman) yang sering kali dikeluarkan oleh tubuh manusia.

Setelah mengetahui banyak manfaat akan pentingnya kebahagiaan, mari kita tingkatkan kualitas kesehatan kita dengan mengaktifkan kembali hormon endorfrin dalam tubuh kita.

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah …

tidak bahagia tidak selesai masalah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s